SIA harus menyediakan informasi operasional yang dibutuhkan untuk melakukan fungsi-fungsi berikut ini:
1. 1. Merespons pertanyaan pelanggan mengenai saldo akun dan status pesanan.
2. 2. Memutuskan apakah kredit pelanggan tertentu dapat di tambah atau tidak.
Bagaimana data pesanan pelanggan diterima pada awalnya, merupakan hal yang penting bahwa semua data yang dibutuhkan untuk memproses pesanan tersebut dikumpulkan dan dicatat secara akurat. Oleh sebab itu, pemeriksaan edit berikut ini harus dilakukan untuk memastikan akurasi yang menteluruh:
1. 1. Pemeriksaan validitas, uji kelengkapan
2. 2. Uji kewajaran
3. 3. Persetujuan kredit:
a. Otorisasi umum, batas kredit
b. Otorisasi khusus: pemeriksaan batas
Langkah berikutnya adalah, menetapkan apakah tersedia cukup persediaan untuk memenuhi pesanan tersebut:
1. 1. Pesanan penjualan
2. 2. Slip pengepakan
3. 3. Kartu pengambilan barang
Kebutuhan informasi dan prosedur:
1. 1. Menetukan ketersediaan persediaan
2. 2. Memutuskan jangka waktu kredit yang ditawarkan
3. 3. Menentukan harga produk dan jasa
4. 4. Menetapkan kebijakan mengenai retur penjualan dan garansi
5. 5. Memilih metode untuk mengirim barang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar