Selasa, 30 November 2010

DESAIN GRAFIK

PENGERTIAN DESAIN GRAFIS
  • Bagian dari interface yang terlihat dan menimbulkan cita rasa
  • Sesuatu yang seseorang lihat pertama kali, dan menimbulkan kesan serta mempengaruhi tingkat emosi (mood)
  • Salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.
PRINSIP GRAFIK DESAIN
METAFORA
Menampilkan dan menggambarkan elemen-elemen (titik, garis, warna, ruang, dan tekstur) yang relefan dan dikenali.
KEJELASAN
  • Setiap elemen yang digunakan pada interface harus beralasan dalam penggunaannya
  • Tidak berlebihan
  •  Adanya ruang kosong (white spacc)
Ø  Memandu mata
Ø  Simetris dan seimbang
Ø  Memperjelas pesan yang diberikan
Ø  Memberikan relax pada mata dalam menatap elemen-elemen saat beraktifitas
Ø  Menawarkan kesederhanaan, enak dilihat, berkelas dan jelas
KONSISTEN
  • Konsisten dalam layout, warna,gambar (image), icon, tipografi, teks, dll
  • Konsistem pada layar, perpindahan antar layar satu ke layar lai
  • Konsisten pada desain interface yang dirancang
  • Bidang kerja (platform) mempunyai petunjuk tuntunan
ALIGNMENT
  • Dalam dunia barat alignment dimulai dari kiri atas
  • Memperindah tampilan (enak dilihat)
  • Grids
Ø  Garis horisontal dan vertiakal yang tersembunyi membantu pengalokasian komponen window
Ø  Align menghubungkan apapun yang ingin ditampilkan menjadi terhubung
Ø  Pengelompokan item secara logikal
Ø  Meminimalkan jumlah kontrol, dan mengurangi kekacauan/ ketidak rapihan dalam pengetikan
KERAPATAN (PROXIMITY)
  • Kerapatan item satu sama lain menunjukan keterhubungan antar item
  • Adanya jarak menunjukan tidak adanya keterhubungan
KONTRAS
  • Melibatkan user dalam rancangan interface
  • Menuntun user menelusuri interface
  •  Mendukung semua item (garis, warna, bidang, simbol dll) dalam interface
ELEMEN VISUAL EKONOMI
  • Tidak berlebihan
  •  Meminimalkan borders (batasan garis) dan outlining (garis lingkar) yang rumit
  •  Mengurangi kekacauan/ ketidakrapihan tampilan
  • Meminimalkan sejumlah kontrol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar