Senin, 29 November 2010

Aplikasi Pengeluaran Kas

Implikasi Pengendalian
Isu pengendalian teknologi (yaitu yang terkait dengan penggunaan file berurutan versus file akses langsung) umum terjadi.
1.       1. Sistem otomatis
a.       Perbaikan pengendalian persedian. Keuntungan terbesar dari sistem otomatis(batch) jika dibandingkan dengan sistem manual adalah perbaikan kemampuan untuk mengelola kebutuhan persediaan.
b.      Pengelolaan kas yang lebih baik. Jenissistem ini mendukung pengelolaan kas yang efektif dengan pemindaian file voucher per hari untuk melihat barang yang harus dibayar, hingga menghindarkan dari pembayaran dini dan terlewatnya tanggal jatuh tempo.
c.       Jeda waktu. Terdapat jeda waktu antara datangnya barang dibagian penerimaan dengan pencatatan penerimaan persediaan di file persediaan.
d.      Kemacetan dalam pembelian. Dalam sistem batch rekaan ini, bagian pembelian secara langsung akan terlibat dalam semua keputusan pembelian.
e.      Dokumen kertas yang berlebih. Sistem batch dasar dibebani dengan berbagai dokumen kertas.
2.       2. Sistem yang direkayasa ulang
Sistem ini menangani banyak kelemahan operasional yang ditemukan dalam sistem batch biasa. Secara khusus, bagian penting dari sistem ini adalah:
·         Sistem ini menggunakan prosedur real time dan file akses langsung untuk mempersingkat waktu tenggang dalam pencatatan.
·         Sistem ini meniadakan prosedur manual rutin melalui otomatisasi.
·         Sistem ini mewujudkan pengurangan dokumen kertas secara signifikan dengan menggunakan komunikasi elektronik antara berbagai departemen dan menyimpan berbagai record dalam media akses langsung.
a.       Pemisah tugas. Sistem ini menghilangkan pemisah mendasar antara pemrosesan otorisasi dengan transaksi. Disini, berbagai program komputer akan mengotorisasi dam memproses pesanan pembelian, serta mengotorisasi dan menerbitkan cek untuk para pemasok.
b.      Pengendalian catatan akuntansi dan akses. Sistem ini melihat catatan akuntansi secara ekslusif dalam disket magnetis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar