Selasa, 07 Desember 2010

PENGENALAN BASIS DATA

Basis data terdiri dari dua kata yaitu basis dan data. Basis data dapat diartikan sebagai tempat berkumpul, markas atau sarang, sedangkan data suatu fakta dari dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti kendaraan(mobil,motor,bis dll) atau buku(tulis,cerita,diktat dll).
Basis data dan lemari buku memiliki prinsip kerja dan tujuan yang sama, yaitu oengaturan, kemudahan dan kecepatan dalam pengambilan suatu objek. Perbedaannaya hanya pada media penyimpanannya. Basis data menggunakan mendia penyimpanan elektronis sedangkan buku menggunakan lemari untuk media penyimpanannya, tetapi tidak semua ,media penyimpan elektronis merupakan basis data.
Perbedaan media ini akan mengakibatkan perbedaan-perbedaan lainnya seperti jenis metode/ cara yang digunakan dalam upaya penyimpanan atau jumlah kuantitas yang akan disimpan. Sebuah basis data dapat dipandang sebagai suatu jenis filing cabinet elektrinik yang disebut juga sebuah tempat penyimpan untuk file-file data yang terkomputerisasi. Seorang user dapat melakukan operasi-operasi terhadap file-file tersebut. Operasi yang dapat dilakukan antara lain:

OPERASI DALAM BASIS DATA
1.       1. Menambah file baru ke dalam database
2.       2. Menambah data ke dalam file yang sudah ada
3.       3. Mengambil (retrieve) dari file yang sudah ada
4.       4. Merubah data dari file yang sudah ada
5.       5. Menghapus data dari file yang sudah ada
6.       6. Menghapus file dari database

Tidak ada komentar:

Posting Komentar