Kamis, 02 Desember 2010

BlackBerry Raih Sertifikasi Keamanan Pemerintah AS


BlackBerry Torch (ist)

Jakarta - Research in Motion (RIM) mengumumkan bahwa handset BlackBerry besutannya mendapat persetujuan standar keamanan dari pemerintah Amerika Serikat. Sistem operasi BlackBerry 6 sekarang telah bersertifikasi FIPS 140-2.

FIPS (Federal Information Processing Standard) adalah seri standar yang diterapkan pemerintah AS untuk memastikan produk komputer memenuhi persyaratan sekuriti tinggi, khususnya dalam perlindungan data. Standar ini dipakai lembaga pemerintahan, industri dan organisasi di AS yang menyimpan dan mengirim data dengan informasi sensitif.

"Sertifikasi FIPS akan membantu mengembangkan jangkauan BlackBerry 6 pada user di lembaga pemerintahan dan organisasi lain yang sadar sekuriti," klaim Scott Totzke, Vice President BlackBerry Security Group at RIM.

BlackBerry 6 melakukan debut di BlackBerry Torch pada tahun 2010. Kemudian, seperti detikINET kutip dari Cnet, Kamis (2/12/2010), OS ini diadopsi oleh handset BlackBerry Bold dan Style.

Menurut analis IDC Mobile Device, William Stofega, sertifikasi FIPS cukup penting untuk perusahaan perangkat mobile seperti RIM dan menegaskan bahwa RIM cukup superior dalam soal sekuriti. Dia menyatakan, hanya sedikit pembuat perangkat mobile mendapat sertifikasi tersebut.

Ironisnya, di sisi lain, sekuriti model enskripsi yang dipakai RIM di BlackBerry sering menuai protes dari pemerintah berbagai negara, misalnya India dan Arab Saudi. Pemerintah negara tersebut mengeluh tidak dapat mengakses data dari pengguna BlackBerry, padahal menurut mereka akses itu penting untuk keamanan negara.
http://www.detikinet.com/read/2010/12/02/160800/1507729/317/blackberry-raih-sertifikasi-keamanan-pemerintah-as/?i991101105

Tidak ada komentar:

Posting Komentar