Kamis, 02 Desember 2010

Peneliti di IBM Berhasil Mengembangkan Komputer Chip Baru



NEW YORK, AMERIKA SERIKAT, Berita Teknologi - Peneliti di IBM berhasil mengembangkan komputer chips baru dari silikon yang dapat mengirimkan data dengan laser secepat satu triliun bit perdetik (kurang lebih 25 kali kecepatan komponen optik yang digunakan super komputer sekarang ini).
                                             komputer chip baru dari IBM
                                          
Peneliti dari IBM TJ Watson Research Center, Yurii Vlasov, mengatakan bahwa komponen baru ini akan dikomersialkan dimasa tiga atau lima tahun mendatang. Chips dari silikon umumnya lebih murah dibandingkan dengan materi optik lainnya, tapi biasanya kurang efisien dalam memancarkan laser. Peneliti di IBM berhasil meningkatkan efisiensi tersebut dengan menggunakan pulsa laser yang dimodulasikan untuk mengkoding dan mendeteksi sinyal.

Sebenarnya, banyak perusahaan lain yang juga mengembangkan teknologi tersebut. Misalnya, perusahaan Intel juga sedang mengembangkan teknologi laser dari silikon. Perusahaan Luxtera juga telah mengembangkan chips silikon yang dapat mengirimkan data melalui empat channel secepat 40 gigabits perdetik. Tapi chips dari IBM ini lebih kecil, kurang lebih sepersepuluh ukuran chips yang digunakan saat ini.
http://news.manycome.com/646.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar