Minggu, 30 Mei 2010

PERILAKU TENTANG KONSUMEN

Tugas diskusi kelompok
1. Riki suryana
2. Rachmat purnomo
3. Faisal ramadhan
4. David laisina
5. Rezi syah putra
6. tejo siam

1.Permintaan terhadap barang dan jasa oleh masyarakat modern memiliki dua macam sifat, yaitu beragam (diversity) dan berubah-ubah (instability). Jelaskan apa yang dimaksud dengan permintaan konsumen terhadap barang atau jasa beragam (diversity) dan berubah-ubah (instability).
Jawab:
•Diversity (Beragam) yaitu Setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda – beda sehingga menimbulkan permintaan pasar akan barang dan jasa yang beragam pula.
•Instability (Berubah-ubah) yaitu permintaan akan barang dan jasa akan berubah – ubah dalam setiap waktu dikarenakan kebutuhan manusia yang terus bertambah dan juga tidak mungkin statis.

2.Pada umumnya, setiap konsumen menginginkan produk yang memiliki karakteristik lebih cepat (faster), lebih murah (cheaper), dan lebih baik (better). Jelaskan masing-masing karakteristik tersebut secara singkat.
Jawab :
Faster (Lebih Cepat):
Konsumen lebih cenderung memilih produk yang memiliki pelayanan cepat dan tanggap dalam melayani konsumen. Contoh : Konsumen tidak ingin menunggu dengan waktu yang lebih lama dalam memesan makanan, dan dalam jenis layanan apapun.
Cheaper (Lebih murah):
Konsumen akan lebih memilih produk dengan harga yang lebih murah dibanding dengan produk harga mahal jika produk tersebut memiliki nilai guna yang sama.
Better (Lebih baik):
Semua konsumen menginginkan produk yang dibelinya lebih baik, baik dari segi manfaat dan nilai guna, dan agar memungkinkan Long Lasting Product untuk prodak tertentu.

3.Law of diminishing Marginal Utility merupakan salah satu asumsi dalam model utilitas cardinal. Jelaskan asumsi tersebut.
Jawab :
The Law of diminishing Marginal Utility adalah hukum pertambahan manfaat yang makin menurun. Pada awalnya penambahan konstan suatu barang akan akan memberikan tambahan utilitas yang besar, tetapi makin lama pertambahan itu bukan saja bertambah menurun bahkan bertambah menjadi negative.

4.Kepuasan total (TU) yang diperoleh konsumen dari konsumsi barang X ditunjukkan oleh persamaan TU = 10X – X2. Tentukan besarnya kepuasan total dan kepuasan marjinal (MU) yang diperoleh konsumen jika ia mengkonsumsi barang X sebanyak 6.
Jawab :
TU = 10X – X2
Mu6 = (10-6) / Px = 1
= 4 = Px
Mu6 = (10-6) / 4 = 1
= 10*6 – 62
= 60 – 36
= 24 satuan kepuasan

5.Kepuasan total (TU) yang diperoleh konsumen dari mengkonsumsi barang X ditunjukkan oleh persamaan TU = 10X – X2. tentukan jumlah barang X yang dikonsumsi agar diperoleh kepuasan total maksimum.
Jawab :
TU = 10X – X2
TU = 10X – X2 = 0
DU/DX = 10X – X2 = 0
10 – 2X = 0
10 = 2X
5 = X
Kepuasaan total maksimum :
TU = 10X – X2
= 10(5) – (5)2
= 50 – 25
= 25

6.Jika seorang konsumen mengkonsumsi barang X memperoleh kepuasan total dari mengkonsumsi barang X tersebut adalah TU = f(X) dan harga barang adalah Px. Bagaimana cara yang dapat dilakukan oleh konsumen tersebut dalam menentukan jumlah barang X yang dikonsumsi agar konsumsi tersebut memperoleh kepuasasn maksimum.
Jawab :
Cara yang dapat dilakukan oleh konsumen agar memperoleh kepuasaan maksimal dan mengkonsumsi sejumlah barang xyaitu harus memenuhi syarat : MUx / Px =1

7.Buatlah model matematis syarat seseorang dapat memperoleh kepuasan maksimum dalam mengkonsumsi barang X dan barang Y dengan anggaran yang tersedia untuk membeli kedua barang tersebut adalah 1.
Jawab:
Px (Qx) + Py (Qy) = 1

8.Apa yang dimaksud dengan surplus konsumen dan jelaskan dengan menggunakan grafik.
Jawab :
Surplus Konsumen adalah selisih diantara harga tertinggi dari kemampuan terhadap konsumen untuk meminta sejumlah barang dengan harga pasar yang lebih rendah dengan jumlah barang yang diminta lebih besar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar