Laman

Minggu, 29 November 2009

Andai Aku Menjadi......

    Sebenarnya saya bingung ingin menjadi seperti apa....yang pasti di masa depan nanti saya ingin menjadi seseorang yang bisa membahagiakan keluarga saya baik dunia maupun akhirat karena itu saya terus berusaha menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi dari sekarang ini.....
    Kalau saya pikir menjadi pengusaha makanan itu lebih menarik dari pada menjadi pegawai kantoran karena kalau kita bisa menjadi manager dalam suatu perusahaan makanan berarti kita bisa mengetahui bagaimana cara proses makanan itu dibuat. oleh karena itu saya berminat ingin menjadi pengusaha suatu makanan yang enak dan menarik serta unik untuk dihidangkan.
    Saya membayangkan andai saja  suatu saat nanti saya bisa punya usaha sendiri seperti mempuyai cafe atau toko, saya ingin membuat cafe itu jauh lebih baik dari cafe-cafe manapun karena saya mempunyai angan-angan membuat cafe ini dengan tampilan makanan yang berbeda,unik, menarik serta lezat dan mempunyai tekstur bangunan yang unik sesuai dengan tema makanan yang mau kita jual. karena itulah bagaimana cara kita menarik para pelanggan pastinya dengan tampilan yang menarik agar banyak peminatnya.
mudah-mudahan saja apa yang saya bayangin sekarang ini bisa tercapai dikemudian hari, AMIEN.

Senin, 16 November 2009

Proses Komunikasi


1. Apa yang dimaksud dengan proses komunikasi, keseimbangan, dan proses pengambilan keputusan dalam teori organisasi modern?
>Maksudnya yaitu :
Komunikasi: mempelajari jaringan komunikasi dalam sistem.
Konsep keseimbangan: penyeimbangan mekanisme yang dicapai dengan jalan menjaga hubungan struktural yang harmonis.
Proses pengambilan keputusan: variabel internal dalam suatu organisasi yang tergantung pada pekerjaan-pekerjaan, harapan-harapan individu, motivasi dan struktur organisasi.

2. Apa alasannya organisasi formal diibaratkan sebagai sebuah kendaraan untuk mencapai tujuan secara bersama?
>karena dalam organisasi formal mempergunakan prinsip-prinsip teori organisasi dan memiliki dimensi-dimensi dasar struktur yang akan menentukan kegiatan-kegiatan dan hubungan yang harus dilakukan dan tingkat spesialisasi yang dapat diberikan.

3. Mengapa tidak ada suatu cara desain yang “ampuh” untuk segala kondisi?
>karena dalam menentukan desain sangat diperlukan :
Orang-orang yang terlibat didalam organisasi
Strategi dan struktur
Teknologi yang digunakan
Lingkungan yang melingkupinya

4. Apa peranan manager proyek dalam organisasi proyek secara umum?
>peranan manajer proyek yaitu bertanggung jawab untuk membina hubungan kooperatif dengan para pihak yang terlibat baik dalam struktur horizontal maupun vertical atau diagonal.

5. Bagaimanakah pendapat Scott dan Mitchell tentang pengertian kata pengaruh, sebutkan contohnya:
>merupakan suatu transaksi sosial dimana seorang atau kelompok orang digerakkan oleh seseorang atau kelompok orang yang lain untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi.
>Contohnya:
>Andi sedang membolos kuliah dan tanpa sengaja bertemu dengan Budi, lalu mereka mengobrol dan Andi pun mengajak Budi untuk membolos. Lalu Budi mengikuti ajakan Andi untuk membolos kuliah. Dan dari contoh ini ada Orang yang mempengaruhi(O), Metode mempengaruhi(-- dipengaruhi(P).


6. Sebut dan terangkan lima sumber atau basis yang diidentifikasi oleh French dan Raven?
>ada lima tipe yaitu :
Kekuasaan balas jasa (reward power): tipe kekuasaan ini memusatkan perhatian pada kemampuan untuk memberi ganjaran atau imbalan atas pekerjaan atau tugas yang dilakukan orang lain.
Kekuasaan paksaan (coercive poer): kekuasaan yang bertipe paksaan ini, lebih memusatkan pandangan kemampuan untuk memberi hukuman kepada orang lain.
Kekuasaan panutan (referent power): tipe kekuasaan ini didasarkan pada suatu hubungan ’kesukaan’ atau liking, dalam arti ketika seseorang mengidentifikasi orang lain yang mempunyai kualitas atau persyaratan seperti yang diinginkannya.
Kekuasaan ahli (expert power): kekuasaan yang berdasar pada keahlian ini, memfokuskan diri pada suatu keyakinan bahwa seseorang yang mempunyai kekuasaan, pastilah ia memiliki pengetahuan, keahlian, dan informasi yang lebih banyak dalam suatu persoalan.
Kekuasaan sah (legitimate power): kekuasaan yang sebenarnya (actual power), ketika seseorang melalui suatu persetujuan dan kesepakatan diberi hak untuk mengatur dan menentukan perilaku orang lain dalam suatu organisasi.


7. Bagaimanakah tipe pendekatan teknik-teknik kreatif dalam pengambilan keputusan?
>tipe pendekatan teknik-teknik kreatif dalam pengambilan keputusan yaitu Pendekatan Kuantitatif terhadap manajemen secara ringkas mencakup berbagai dasar penting secara matematis bagi teknik-teknik pengambilan keputusan. Pada teknik-teknik kreatif, tipe ini mencoba untuk memanfaatkan semua hal yang tersedia untuk membantu individu dalam pengambilan keputusan kreatif. Ada 2 teknik dalam kelompok teknik kreatif yang dikenal dan digunakan secara luas, yaitu:
Brainstorming: teknik ini berusaha untuk menggali dan mendapatkan kreativitas maksimum dari kelompok dengan memberi kesempatan anggota untuk mengemukakan ide-idenya.
Synectics: didasarkan pada asumsi bahwa proses kreatif dapat dijabarkan dan diajarkan.


8. Bagaimanakah pula kritik terhadap teknik Brainstorming. Terangkan!
>Hanya ada beberapa yaitu :
Hanya dapat diterapkan pada masalah-masalah keputusan sederhana
Sangat memakan waktu dan biaya
Hanya menghasilkan ide-ide dangkal


9. Apa yang dimaksud dengan proses minaut dalam pengambilan keputusan?
>proses untuk menerapkan empat proses dasar yang rasional dalam penggunaan dan penyebaran informasi mengenai masalah organisasi yang diterapkan secara sistematik tentang,
menilai dan menjelaskan
sebab akibat
melakukan pilihan
mengantisipasi masa depan
Oleh karena itu, prosesnya dibedakan menjadi empat tipe yaitu :
(1) analisis situasi (pengenalan masalah, pemisahan masalah, penetapan prioritas, dan penempatan)
(2) analisis persoalan (merumuskan, menguraikan, menyaring informasi, menguji sebab yangmungkin dan melakukan verifikasi)
(3) analisis keputusan (merumuskan pernyataan keputusan, menentukan sasaran, mengembangkan dan mengevaluasi alternative, dan menganalisa konsekuensi atau resiko)
(4) analisis persoalan potensial (mengidentifikasi daerah kritis/lemah, mengidentifikasi persoalan potensial menyimpang, mengidentifikasi sebab yang mungkin dan mengidentifikasi tindakan penanggulangan).


10) Apa sebab timbulnya organisasi informal?
>karena adanya kebutuhan-kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh oraganisasi formal. Berikut ini kebutuhan-kebutuhan yang mendasari terbentuknya organisasi informal:
Kebutuhan sosial
Rasa memiliki dan pengenalan diri
Pengetahuan tentang prilaku yang diterima
Perhatian (simpati)
Bantuan dalam pencapaian tujuan
Kesempatan berpengaruh dan berkreasi
Pelestarian nilai-nilai budaya
Komunikasi dan informasi


11) Apakah yang dimaksud dengan “jendela johari” dikembangkan oleh siapa?
>Johari Window atau Jendela Johari merupakan alat yang dikembangkan oleh dua orang ahli psikologi yaitu Joseph Luft dan Harry Ingham pada tahun 1955. Alat ini dikembangkan untuk memperbaiki interaksi antar manusia yang belum saling mengenal supaya dapat saling mengenal dan mengetahui dan memperkecil kemungkinan konflik.


12) Bagaimanakah maksud dari model teori proses motivasi kerja?
>Menurut model ini, motivasi seorang individu sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik yang bersifat internal maupun eksternal.
Termasuk pada faktor internal adalah :
(a) persepsi seseorang mengenai diri sendiri
(b) harga diri
(c) harapan pribadi
(d) kebutuhaan
(e) keinginan
(f) kepuasan kerja
(g) prestasi kerja yang dihasilkan.
Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi seseorang, antara lain ialah :
(a) jenis dan sifat pekerjaan
(b) kelompok kerja dimana seseorang bergabung
(c) organisasi tempat bekerja
(d) situasi lingkungan pada umumnya
(e) sistem imbalan yang berlaku dan cara penerapannya.




Sabtu, 14 November 2009

emotion FB

happy :-) :) :] =)

robot :|]

curly lips :3

pacman :v

upset >:O >:-O >:o >:-o

confused o.O O.o

squint -_-

kiki ^_^

heart <3 kiss :-* :* angel O:) O:-) devil 3:) 3:-) Shark (^^^) unsure :/ :-/ :\ :-\ cry :'( grumpy >:( >:-(

sunglasses 8-| 8| B-| B|

glasses 8-) 8) B-) B)

wink ;-) ;)

gasp :-O :O :-o :o

grin :-D :D =D

tongue :-P :P :-p :p =P

sad :-( :( :[ =(

Chris Putnam :putnam:

Jumat, 13 November 2009

About Me


          Saya adalah seorang pria yang selalu ingin tau sesuatu yang menurut saya itu penting dan menarik untuk dilakukan. Saya itu orangnya mudah bergaul alias supel, ramah, sopan pada ke dua orang tua, dan saya selalu menjadikan kritikan orang itu sebagai motivasi hidup saya dalam memperbaiki kejelekan yang ada pada diri saya.
          Tapi menurut teman-teman, saya itu orangnya menarik, baik, humoris, perhatian, kinestetik, royal, petualang, suka piln-plan, dan gampang boring. Itu menurut versi teman-teman tentang diri saya, jadi apapun yang saya lakukan sekarang ini saya ingin menjadikan hidup saya menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Selasa, 10 November 2009

TEORI & PROSES ORGANISASI

1. Mengapa manusia cenderung untuk mengatur & mengorganisasi kegiatan-kegiatannya?
    - Karena untuk mempermudah manusia dalam memecahkan masalah-masalah sesuai dengan kegiatannya untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
2. Sebutkan dan terangkan beberapa alasan untuk mempelajari organisasi secara formal?
    - Organisasi berguna dalam meningkatkan efisiensi karena untuk mencapai tujuan
    - Organisasi penting untuk kegiatan manajemen
    - Organisasi dapat memanfaatkan sumber-sumber & waktu yang tersedia
3. Teori organisasi klasik telah menimbulkan dampak pada organisasi-organisasi sampai sekarang, coba sebutkan beberapa contohnya :
    - Birokrasi
    - Administrasi
    - Manajemen ilmiah
4. Henry fayol seorang industrialis merupakan salah satu tokoh teori administrasi dalam bukunya menyatakan bahwa semua kegiatan industry dapat dikelompikan menjadi berapa, sebutkan?
    - Perencanaan
    - Pengorganisasian
    - Pemberian perintah
    - Pengawasan
    - Pengkoordinasian control
5. Menurut teori organisasi klasik adanya suatu organisasi bergantung pada 4 kondisi, sebutkan & jelaskan :
    - Kekuasaan : orang yang mempunyai kekuasaan/ mempunyai jabatan tinggi dalam suatu perusahaan
    - Saling melayani
    - Doctrine
    - Disiplin : selalu tepat waktu
6. Mengapa teori neoklasik secara sederhana dikenal sebagai teori hubungan manusiawi (the human relation movement)?
    - Karena teori neoklasik ini menekankan pentingnya aspek psikologis & social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya
7. Apakah teori neoklasik merupakan teori terbaru seperti teori klasik ?
    - Ya, karena teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik
8. Bagaimanakah pandangan teori neoklasik terhadap organisasi informal ?
    Dalam teori neoklasik terdapat 2 elemen pokok dalam organisasi yaitu perilaku individu & kelompok kerja
    - Fenomenal organisasi informal : organisasi yang bergabung menjadi 1 kelompok yang terbentuk sebagai hasil interaksi diantara para karyawan
    - Faktor yang membentuk munculnya organisasi formal :
      ^ lokasi
      ^ jenis pekerjaan
      ^ minat
      ^ masalah/kasus
9. Dalam teori organisasi modern dikemukakan bahwa organisasi merupakan sistem terbuka, apa maksudnya?
    - Maksudnya adalah teori modern melihat bahwa sama unsur organisasi sebagai 1 kesatuan & saling ketergantungan dari dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil
10. Menurut teori modern organisasi sebagai suatu sistem terdiri atas berapa unsure, sebutkan?
    - Komunikasi
    - Konsep keseimbangan
    - Proses pengambilan keputusan

Senin, 09 November 2009

Komunikasi Organisasi



          Public relation adalah teknik menyampaikan pesan kepada masyarakat agar maksud yang kita sampaikan dapat diterima baik dan tujuan kita tercapai. Public relation pada masa-masa sebelumnya, digunakan untuk orasi, diskusi, debat terbuka, kampanye, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan propaganda politik. Namun pada perkembangannya, public relation digunakan berbagai perusahaan untuk hubungannya dengan sosial masyarakat dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi seperti kegiatan promosi, pemasangan iklan, kerja sama dengan pihak lain, dsb.

          Seiring berkembangnya jaman, teknologi semakin berkembang pesat sehingga memberi kemudahan bagi PR untuk melaksanakan tugasnya, seperti mulai adanya teknologi televisi, computer, internet. Selain itu, jika dahulu public relation harus dilakukan langsung di hadapan publik, yang mana seorang penyampai pesan berdiri di tengah khalayak ramai, kini hal seperti itu tidak perlu. Melalui media massa, baik cetak (koran, majalah, tabloid, poster, pamflet, dll) maupun siar (televisi, radio, video), kegiatan public relation justru lebih efektif dilakukan.

CONTOHNYA:

          Videoconference adalah telekomunikasi dengan menggunakan audio dan video sehingga terjadi pertemuan ditempat yang berbeda-beda. Ini bisa berupa antara dua orang secara pribadi dalam kantor (point-to-point) atau mengikutsertakan berberapa orang dalam ruangan (multi-point) di tempat yang berbeda-beda.

Video conference ini dapat dibagi atas:


1. Two-way Videoconference
2. One-Way Videoconference
3. Non-motion Videoconference

          Selain itu dengan adanya perkembangan teknologi, jangkauan audience lebih luas dan pesan yang tersampaikan pada masyarakat juga lebih beragam dalam satu waktu. Dan dengan adanya internet, public relation dapat dilakukan secara online di dunia maya melalui email, chatting, web pages, blog, dsb.

          Keberhasilan suatu teknik suatu public relation tergantung dari apa tujuan pihak public relation tersebut. Biasanya organisasi nonprofit atau pihak dari pemerintah, menyampaikan pesan melalui promosi atau kampanye sederhana, seperti iklan layanan masyarakat atau turun langsung ke jalan bertemu langsung dengan masyarakat. Kampanye yang disampaikan biasanya berupa nasihat baik yang memang diperuntukkan untuk kelangsungan hidup negara. Misalkan, kampanye pencegahan HIV/AIDS dengan pembagian kondom oleh para sukarelawan atau penjelasan tentang bahayanya seks bebas melalui iklan televisi. Sedangkan perusahaan-perusahaan yang memang menjual produk, baik barang maupun jasa, menggunakan teknik yang lebih kompleks dan lebih kreatif seperti annual reports, press releases, telekonferensi, news conference, konferensi pers, advertorial, public tour, atau orasi langsung. Teknik public relation ini juga dipengaruhi siapa dan bagaimana target audience, tergantung dari interest audience yang dimaksud. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana bentuk pesan yang disampaikan. Semakin beragam target audience yang dituju, maka teknologi penyampaian pesan pun harus yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas.

Contoh komunikasi nonformal:

          Berbagai data tersebut mendorong kolaborasi Unilever Peduli, Close UP, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Radio Prambors untuk terlibat langsung guna menyelamatkan anak muda. ”Kampanye off air BNBB ini melibatkan berbagai lembaga kredibel yang mengerti dan dekat dengan anak muda serta memiliki kepedulian yang sama untuk menyelamatkan generasi muda dari ancaman penyalahgunaan narkoba dan pencegahan HIV-AIDS. Kampanye ini berfokus pada anak muda di berbagai daerah seperti Yogyakarta, Surabaya dan Bandung dan bertujuan untuk mengajak mereka untuk bersama-sama menjadi penggerak komunitasnya dalam kepedulian mereka terhadap ancaman penyalahgunaan narkoba dan pencegahan penularan HIV-AIDS di Indonesia.,” ujar Okty Damayanti, General Manager Unilever Peduli.

          Brand Manager CloseUp, Akhmad Saeful memaparkan edukasi mengenai pencegahan HIV-AIDS akan disampaikan melalui aneka permainan yang melibatkan penonton yang hadir. “Mereka akan kami libatkan dalam permainan yang edukatif. Kami percaya cara ini akan efektif untuk menyampaikan pesan pencegahan HIV-AIDS. Dengan cara yang menghibur dan menyenangkan, pesan-pesan tersebut akan lebih mudah dimengerti” kata dia. Puncaknya, ujar Akhmad, anak muda yang hadir dalam acara tersebut akan diajak untuk menempelkan stiker pita merah peduli AIDS di spanduk raksasa sebagai wujud komitmen mereka. Nantinya, semua banner dari tiga kota akan disatukan serta akan dikibarkan pada perhelatan hari AIDS sedunia pada 1 Desember di Jakarta. ”Kami ingin mengajak generasi muda untuk brani ngomong dan brani buktiin dengan terlibat langsung dalam kegiatan kampanye ini,” tambah Akhmad.

Tugas Teori Ogranisasi Umum 1

1. Organisasi adalah wadah sekelompok manusia yang saling kerjasama dalam kerja yang efisien / sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

2. Menurut Ernest Dall organisasi adalah suatu proses perencanaan yang meliputi penyusunan, pengembangan dan pemeliharaan suatu struktur / pola hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu kelompok kerja.

3. Metode adalah suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien.

4. Pengertian Organisasi dan Metode : rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber & faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen terutama dengan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.

5. Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.

6. pengertian Manajemen:
> Menurut James A.F. Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
> Menurut Mary Parker Follet adalah Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain dibutuhkan keterampilan khusus.

7. Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah Organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut.

8. Persamaan Oragnisasi dan manajemen adalah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai.

9. Unsur-unsur Manajemen :
> Man
> Market
> Money
> Material
> Metode
> Machine

10. Kegiatan Manajemen :
> Organizing
> Controlling
> Staffing
> Planning
> Directing

11. Ciri-ciri Organisasi :
•Terdiri dari sekumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang di tetapkan
•Dikembangkan untuk mencapai tujuan tertentu
•Secara sadar dikoordinasikan dan dengan segala yang disusun
•Instrument sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat di identifikasikan

12. Unsur-unsur dari Organisasi :
•Manusia
•Kerjasama
•Tujuan Bersama
•Peralatan (equipment)
•Lingkungan (environment)
•Kekayaan Alam
•Kontruksi mental organisasi /kerangka

13. Macam-macam Organisasi :
Organisasi Klasik(tradisional)
Oragnisasi klasik sangat sentralistik dan tugas-tugas terspesialisasi, rantai perintah dan penggunaan disiplin, aturan dan supervisi sangat ketat, dan mekanistik. Ada 3 teori klasik yaitu BIROKRASI, ADMINISTRASI, MANJEMEN ILMIAH. Dasar-dasar organisasi klasik yaitu kekuasaan, saling melayani, displin, doktrin (tujuan organisasi).
Ada empat dari teori klasik :
> Pembagian kerja, adalah bagaimana organisasi membagi sejumlah pekerjaan terhadap tenaga kerja yang ada dalam organisasi.
> Hierarki proses fungsional, adalah setiap organisasi terdapat adanya tingkatan karyawan menurut fungsinya atau pekerjaan yang khusus dalam organisasi.
> Struktur, adalah jalinan hubungan dan peranan dalam organisasi. (Lini dan Staf)
> Pengawasan yang ketat, pada organisasi yang tinggi strukturnya menghendaki banyak saluran komunikasi dalam melakukan pengawasan. Sedangkan pada organisasi yang strukturnya mendatar tidak banyak diperlukan saluran komunikasi.

Organisasi Neoklasik
Teori neoklasik adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya. Pendekatan neoklasik mencakup uraian sistematis organisasi informal dan pengaruhnya pada organisasi formal. Pengikut teori neoklasik adalah mereka yang membahas kelemahan model klasik pada prilaku organisasi tetapi tidak menentang seluruh teori klasik. Pembagian kerja neoklasik yaitu melibatkan setiap orang dalam mengambil keputusan, perluasan kerja, manajemen bottom-up.

Oragnisasi Modern
Teori Organisasi Modern yaitu memandang semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan, dan mempunyai sistem terbuka yaitu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan. Teori modern menyebutkan bahwa kerja suatu organisasi sangat kompleks, dinamis, multilevel, multidimensional, multivariable, probabilistik. Organisasi modern ini mempunyai sistem terbuka (berdasarkan analisa konseptual, dan didasarkan data empiris serta bersifat sintesa dan integratife) yaitu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan. Organisasi modern ini memaduakn antara organisasi klasik dan neoklasik dengan konsep yang lebih maju.

14. Macam-macam Organisasi dari segi tujuan :
Organisasi Niaga :
- (PT) perseroan terbatas
- (CV) perseroan komanditer
- (FA) firma
- Koperasi
- Join ventura
- Holding company
Organisasi Sosial :
- Jalur keagamaan : MUI
- Jalur profesi
- Jalur kepemudaan
- Jalur kemahasiswaan : BEM
- Jalur kepartaian & kekayaan
Organisasi Regional :
organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa Negara tertentu saja(ex : ASEAN)
Organisasi Internasional :
organisasi yang anggota-anggotanya meliputi Negara di dunia (ex: PBB)

Kamis, 05 November 2009

LP COBOL 2

1.Sebutkan & jelaskan sintax” pd file sequential ?
-SELECT : digunakan untuk memberi nama tiap file yg akan dipakai oleh program
-ASSIGN : untuk menunjukan bentuk dari file yg akan di gunakan
-ORGANIZATION IS [LINE] SEQUENTIAL: bila ogranisasi file tidak disebutkan, maka organisasinya dianggap sequential (ORGANIZATION IS SEQUENTIAL) & clase ACCES MODE IS SEQUENTIAL boleh tidak disebutkan
-FILE STATUS : untuk menunjukan kesalahan yg terjadi dari suatu proses operasi file
2.Jelaskan fungsi open, close, write, read, dan rewrite pd file sequential ?
-OPEN : untuk membuka file yg akan diakses
-CLOSE : untuk menutup file yg telah diakses
-WRITE : untuk menampilkan output ke printer
-READ : untuk membaca record yg ada pd file
-REWRITE : untuk merekam ulang record yg sudah pernah direkam

Rabu, 14 Oktober 2009

PENERAPAN APLIKASI KOMPUTER DALAM BIDANG BISNIS

Kegunaan komputer pada aplikasi bisnis adalah untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat. Informasi ini ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu perusahaan, informasi tersebut terhenti atau terhambat, maka sistem perusahaan akan menjadi lusuh (proses kelusuhan karena kurangnya informasi disebut dengan entropy). keadaan pasar yang bersaing dan berkembang serta kompleknya suatu perusahaan, membuat informasi yang dapat diandalkan dan tepat pada waktunya, sangat penting untuk semua tingkat manajemen. Informasi yang beraneka ragam, harus tepat pada waktunya dan harus tepat hasilnya, membutuhkan suatu alat pengolah data yang dapat menyediakan informasi tersebut, yaitu komputer.
MIS (Management Information System) didefinisikan oleh Gordon B. Davis adalah :
suatu sistem informasi yang didasarkan pada komputer, dirancang untuk mendukung operasi, menyediakan informasi kepada manajemen untuk tujuan pengambilan keputusan didalam suatu organisasi.
salah satu sistem bagian (subsystem) dari MIS yaitu AIS (accouting information system), adalah suatu sistem akuntansi yang menyediakan informasi baik untuk pihak manajemen dan pihak luar yang mempergunakan alat bantu komputer untuk mengolah data akuntansinya.